Seorang teman yang bukan penikmat kopi pun merasakan kelezatannya. Padahal ada keseganan dengan lambung yang selalu berontak jika bertemu kopi. Tapi, saat berada di situ, di Kopi Sekanak, semuanya menjadi mesra.

Lambung tidak membangkang. Duduk pun menjadi tenang. Apalagi kalau melihat makanan yang terhidang. Lupakanlah yang dipantang larang.

Kedai Kopi Sekanak. Sesekali, saya selalu beradadisitu. Menikmati berbagai juadah yang tiada duanya.

Kopinya Para Raja. Itu tagline yang diberi Teja. Ya, Teja Alhab Sang Kejora, Presiden Dapoer Melayu. Dapurnya segala macam cita rasa olahan kuliner khas Melayu. Hidangan para raja.

Jika ke Tanjungpinang, sempatkanlah untuk berada di situ. Boleh pilih pagi hari. Makan siang atau mengajak kerabat dalam jamuan makan malam tak akan mengecewakan. Pulangnya segala cerita tentang hidangan para raja akan membuat ingin datang lagi.

Teja, dalam banyak kesempatan bisa ditemui di situ. Di tangan dan ceritanya, kita akan menjadi raja. Walaupun seketika.

Pelanduk masak rempah. Ini menu yang jarang tersedia. Tapi kalau sudah berjumpa, kata orang tentang lupa mertua lewat, di sinilah tempatnya. Bisa disandingkan dengan prata atau nasi.

Saya termasuk yang selalu berjumpa dengan menu ini. Jangan takut kolestorol dan keluarganya. Teman saya yang berpantangan dengan segala olahan daging kambing bisa menikmatinya.

Soal nasi, ada juga yang istimewa. Nasi Bukhari namanya. Tak bisa disebut dengan kata-kata. Kelezatannya pun tiada dua. Juga ada kisah tentang raja-raja kalau menikmatinya. Bisa tanya pada Teja.

Nasi ini pun tidak tiap hari tersedia. Hanya di penghulu hari. Tiap Jumat, hidangan nikmatnya hidangan ini bisa melupakan riuh rendah aktivitas selama sepekan. Apalagi yang suka dengan kebisingan politik.

Nasi lemak dengan tamban beladanya pun bisa menjadi pembuka hari yang baik. Banyak lagi olahan makanan yang tiada bandingnya.

Olahan minumannya pun menjadi pemicu semangat beraktivitas. Berlama-lama. Inilah kopi sekanak namanya.

Memang saat menikmati hidangan, kita selalu disandingkan dengan air sepang. Air dengan khasiat pohon sepang. Banyak manfaat dan pembuat semangat.

Tapi, kopi sekanak jangan pernah dilewatkan. Kopi dengan berbagai rempah ratus di dalamnya.

Kalau pesan, Teja akan bercerita tentang kopinya para raja ini. Dia akan memberi banyaknya rempah sesuai dengan status tamu. Bisa tujuh rempah, sembilan atau paling tinggi sebelas rempah.

Sama seperti Kapten Sanders, apa saja rempah itu menjadi rahasia Teja. Tapi, lidah kita akan menemukan dan bisa menebak rempah ratusnya.

Cara minum dan teknik lainnya pun membuat kita menjadi raja. Para pengopi kalau belum ke Kopi Sekanak rasanya ada yang kurang dalam penjelajahan perkopiannya.

Sebenarnya ada yang tiga belas rempah. Itupun hanya rahasia saya dan Bang Teja. Dia berjanji racikan itu hanya untuk saya. Dan hanya rahasia kami berdua.

Sering-seringlah ke Kopi Sekanak. Tapi rahasia itu tak akan terbongkar.

Di situ, teruslah menghirup kebahagiaan. Ya, hirup dan sesaplah.

0

Write A Comment